blog-indonesia.com

Thursday 8 December 2011

GPS Bawaan Pabrik Mobil Malah Bikin "Idiot"

http://us.images.detik.com/content/2010/12/17/648/gps-dalam.jpg

Global Positioning System (GPS) atau alat navigasi ini, dibuat demi mempermudah aktivitas manusia. Studi yang dilakukan JD Powers and Associates membuktikan sebaliknya, alat ini malah membuat pengendara mobil seolah-olah jadi idiot dalam menentukan arah jalan.

Menariknya lagi, karena jadi frustrasi gara-gara hal tersebut, justru ditemukan pada GPS bawaan pabrik yang menjadi fitur standar mobil-mobil produksi masa kini, bukan pada GPS after market yang justru cenderung lebih mudah dan ramah digunakan oleh konsumen.

Hasil dari JD Power and Associates 2011 US Navigation Usage and Satisfaction Study 2011 menunjukkan, dari total 18.303 responden pengguna mobil produksi 2011 dengan GPS bawaan pabrik, malah mengalami banyak kesulitan di jalan.

Kasus yang paling sering terjadi, pengguna tak bisa menemukan alamat yang mereka tuju. Kedua, pengguna kesulitan memasukkan destinasi. Dan yang ketiga, rute yang ditunjukkan GPS bukan yang tercepat, tetapi justru memutar ngalor-ngidul.

"Rute, fungsi utama dari sistem navigasi, terbukti masih menjadi isu utama. Meski hampir 10 tahun kemudahan-kemudahan terus disampaikan kepada konsumen, tetap masalah muncul pada hal ini (rute). Apakah industri (produsen mobil) mendengarkan seperti apa kemauan konsumen berinteraksi dengan peranti ciptaan mereka di mobil?!" tegas Andy Bernhard, Direktur JD Power and Associates, seperti dilansir autoevolution, Kamis (24/11/2011).

Permasalahan lebih besar dijumpai konsumen, ketika produsen mobil membenamkan seluruh fitur elektronik mobil dalam satu layar sentuh. Pemisahan tombol menu pada layar yang sama, bisa memengaruhi efektivitas penilaian konsumen terhadap kegunaan GPS.

Berikut ini ialah delapan peringkat permasalahan yang dijumpai sewaktu menggunakan GPS bawaan pabrik mobil :

* Alamat/jalan/kota tak ditemukan

* Kesulitan memasukkan destinasi

* Rute yang disediakan bukan yang tercepat

* Kesulitan menggunakan kontrol suara

* Nama jalan di peta terlalu minim

* Sulit mencari menu yang dicari

* Peta atau point of interest search kurang menarik

* Kualitas tampilan layar yang kurang tajam, mudah silau


Jadi, jika Anda mengalami hal tersebut pada kendaraan baru yang ada saat ini, maka Anda tidak perlu merasa frustasi dan menjadi seperti orang idiot, karena memang hal itu merupakan permasalahan pada GPS bawaan pabrik mobil.

(",)v




Sumber : siradel.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons