blog-indonesia.com

Monday 5 December 2011

"Stasiun Bus Slough" Inspirasi Sebuah Perbedaan Panjang Dari Gelombang Sinar Inframerah

http://www.egi.co.uk/assets/getAsset.aspx?ItemID=42471

Idenya berdasarkan atas perbedaan panjang gelombang dari sinar inframerah yang ditemukan oleh seorang ilmuwan Jerman, yang tinggal di wilayah tersebut, kemudian terciptalah Stasiun bus ini.

William Herschel yang juga menemukan planet Uranus serta pembuat teleskop terbaik di jamannya, merupakan prestasi astronomi yang luar biasa dari abad kesembilan belas. Matius Bedward, salah seorang rekan pendiri bblur, mempresentasikan proyeknya untuk sebuah stasiun bus di Slough, Inggris, sebuah proyek arsitektur yang menakjubkan dengan titik fokus penggunaan bahan utama aluminium.


http://www.butme.com/images/2011/10/Slough-Bus-Station-Pictures-01-625x327.jpg


Struktur yang paling mencolok adalah yang mensimulasikan dua gelombang cahaya terang yang mencakup panjang lebih dari 130m, yang meliputi jalur parkir bus, pintu masuk penumpang, titik pertukaran transport, serta jalan setapak bagi pejalan kaki, dengan semua elemen keselamatan yang relevan, yang akhirnya bangunan ini menjadi batas antara stasiun dan area pusat kota.

Salah satu hal yang menarik dari proyek ini adalah atapnya yang berkilau, yang diperoleh dari balutan lempengan aluminium yang membuat permukaan logam memiliki tampilan bervariasi, tergantung dari sinar yang diterimanya.


http://www.architectsjournal.co.uk/pictures/576x432fitpad%5B0%5D/4/9/2/1268492_Slough_Bus_Station__PR_pic_80_.jpg

Pada ujung struktur bangunan ini, terdapat ruangan yang luas yang memiliki dua lantai dengan luas 660m2 yang mengakomodasi ruang kafetaria, loket tiket, toilet, ruang tunggu, area untuk supir dan staf dari perusahaan bus, serta kantor administrasi.

Slough adalah sebuah kota kecil di selatan daratan Inggris, dimana disana juga terdapat kantor-kantor pelayanan yang ternama, seperti Nintendo, Ferrari, Maserati dan lainnya.


http://www.butme.com/images/2011/10/Slough-Bus-Station-Pictures-03.jpg


Motivasi utama dari bangunan arsitektur ini adalah kesempatan peningkatan secara signifikan yang dapat diserap oleh pejalan kaki antara stasiun bus dan pusat kota, dan memberikan konstribusi kepada masyarakat Slough sebuah elemen estetika tertentu yang sekaligus menakjubkan.


http://inhabitat.com/wp-content/blogs.dir/1/files/2011/09/Slough-Bus-Station-BBlur-Architecture-1.jpg


http://www.butme.com/images/2011/10/Slough-Bus-Station-Pictures-02.jpg


0 comments:

Post a Comment

Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons