blog-indonesia.com

Tuesday 6 December 2011

Tetap Waspada Terhadap Beberapa Komponen Saat Mobil Melintasi Banjir

http://assets.kompas.com/data/photo/2011/11/15/1735316620X310.jpg

Intensitas hujan lumayan besar akhir-kahir ini, akibatnya banyak terdapat genangan air yang cukup tinggi, hingga mencapai lebih dari 30 cm. Artinya, pengendara mobil harus tetap waspada, terutama bagi Anda yang memiliki kendaraan yang jarak dari tanah cukup rendah (ground clearance).

Tak usah memaksa diri Anda untuk coba menerjang genangan air yang tinggi tersebut, karena ada beberapa komponen yang rentan rusak. Berikut Ini adalah komponen-komponen yang kerap kali rusak, menurut H Soleh Yusuf, punggawa Bengkel Sigma Speed :


http://assets.kompas.com/data/photo/2011/11/15/1540109620X310.jpg
Komponen rentan rusak setelah melewati banjir. Kiri atas searah jarum jam : kopling dan gearbox, tromol, alternator, dinamo starter


1. Kopling transmisi manual

Saat melintasi banjir, kopling tidak langsung bermasalah. Justru gejala kurang mengenakkan muncul keesokan harinya. Kenapa?

Debu, serbuk (gram), atau kotoran yang berada di rumah kopling akan lengket pada permukaan piringan yang mengakibatkan perangkat tersebut tidak berfungsi dengan baik. Ini akibat mobil didiamkan lebih dari sehari setelah melewati banjir.

"Kondisi tersebut bisa diatasi dengan mudah. Cari lintasan cukup panjang untuk mendorong mobil seperti kondisi mobil mogok. Masukkan persneling ke gigi 2, injak kopling, dan lepas setelah mobil di dorong pada kecepatan yang pas. Biarkan terus berjalan dan lakukan proses penggantian gigi secara sering agar kopling kembali lancar," saran Soleh.

Untuk mobil yang sudah berumur lebih dari 10 tahun, sebaiknya diperiksa ke bengkel setelah kopling berfungsi, lanjut Soleh, untuk mengantisipasi piringan kopling menjadi retak.


2. Rem

Penyebab rem tidak berfungsi hampir sama dengan kopling, hanya beda efeknya. Rem yang sempat terendam banjir ada kecenderungan menjadi licin dan merusak piringan kalau ada kotoran yang menempel pada kaliper rem. Terlebih masih sistem tromol pada rem belakang. Solusinya, cek atau servis rem setelah melewati banjir.


3. Alternator dan dinamo starter

Komponen ini sebenarnya jarang bermasalah, karena pada sebagian mobil letaknya sudah tinggi. Tetapi, tidak ada salahnya untuk mengecek apakah ada kotoran ataupun sesuatu yang menempel pada kedua barang tersebut. Cukup siram dengan air menggunakan selang, hingga terlihat bersih.


Dengan demikian, sekali lagi, alangkah baiknya selalu berhati-hati di dalam mengemudikan kendaraan kesayangan Anda di musim penghujan yang terjadi saat ini, dan lakukan pengecekan terhadap beberapa komponen yang disebutkan diatas.

(",)v




Sumber : siradel.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons